Jumat, 23 Maret 2012

Perilaku Keorganisasian

1. Studi Tentang Organisasi.

1. Alat untuk mencapai tujuan.

Organisasi adalah kumpulan beberapa orang yang bekerja sama dalam melakukan pembagian kerja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Organisasi juga dapat memiliki arti merancang dan mengalokasikan pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu. Sebuah organisasi biasanya terdiri atas beberapa unsur yang saling terkait untuk tujuan tertentu. Unsur-unsur tersebut harus bekerja sama untuk membentuk suatu organisasi yang utuh.

2. Definisi Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi).
Perilaku organisasi juga dikenal sebagai Studi tentang organisasi. Studi ini adalah sebuah bidang telaah akademik khusus yang mempelajari organisasi, dengan memanfaatkan metode-metode dari ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi dan psikologi. Disiplin-disiplin lain yang terkait dengan studi ini adalah studi tentang Sumber daya manusia dan psikologi industri serta perilaku organisasi.

3. Pendekatan Pengetahuan Perilaku Organisasi

Keith Davis dan John W Newstrom (1993) : empat asumsi dasar memahami manusia :
1. Perbedaan individu, manusia dilahirkan membawa keunikan masing-masing. Dengan memahami perilaku tertentu seseorang, kita akan memahami dan mencari variable penyebab perbedaan prestasi individu. Variabel yang mempengaruhi perilaku individu a.l. : a)variable fisiologis (fisik dan mental), b)variable psikologis (persepsi, sikap, kepribadian, belajar, motivasi), c)variable lingkungan (keluarga, kebudayaan, kelas sosial). Gibson, dkk tentang perilaku individu : (a)perilaku timbul karena ada stimulus atau motivasi, (b)perilaku diarahkan kepada tujuan, (c)perilaku yang terarah pada tujuan dapat terganggu oleh frustasi, konflik, dan kecemasan.
2. Orang seutuhnya, seorang manusia perlu dilihat secara utuh, bukan sepotong-sepotong, karena dapat menyesatkan pandangan orang terhadapnya.
3. Perilaku termotivasi, sebab mengapa seorang karyawan bekerja lebih baik daripada karyawan lain? Gibson, dkk : a.l. sebab beda kemampuan, naluri, imbalan intrinsik, dan ekstrinsik, tingkat aspirasi dan latar belakang seseorang. Campbell dkk (1970) : motivasi berkaitan dengan (a)arah perilaku, (b)kekuatan respon, setelah memilih mengikuti tindakan tertentu, (c)ketahanan perilaku, berapa lama terus-menerus berperilaku tertentu.
4. Martabat/nilai manusia, unsur manusia perlu dibedakan dari unsur lain. Miftah Thoha : perbedaan karakteristik manusia, beda pengetahuan, kemampuan, kebutuhan, kepercayaan, pengalaman, pengharapan, dll.
Masalah yang paling vital dalam organisasi yang menjadi tantangan manajer adalah : manusia dan perilakunya. Tiga pendekatan dalam memahami terjadinya perilaku :
1. Pendekatan Kognitif
Pengenalan cenderung bersifat individual. Sumber teori = Psikologi. Littlejohn (1992) : kaitan antara stimuli (S) yang berfungsi sebagai masukan (input) dan jawaban/respon (R) berupa perilaku yang berfungsi sebagai keluaran (output), ada pemrosesan informasi. Miftah Thoha (1983) : perilaku tersusun secara teratur. Ada rangsangan/pemrosesan untuk mengetahui/mengenal (cognition), lalu dijawab dengan perilaku.
2. Pendekatan Kepuasan
Adanya faktor dalam diri yang menguatkan (energize), mengarahkan (direct), mendukung (sustain), dan menghentikan (stop) perilaku. Abraham H. Maslow, teori hierarki kebutuhan : a)manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda yang ingin dipenuhinya, b)kebutuhan yang mendesak dipenuhi lebih dulu, itulah yang menyebabkan orang berperilaku, c)kebutuhan yang sudah terpenuhi tidak lagi menjadi pendorong perilaku. Dikenal dengan 5 jenjang kebutuhan :

1. kebutuhan fisiologis (makan, minum, tempat tinggal, seks, dll)
2. keselamatan dan keamanan
3. afiliasi, sosial, dan cinta
4. Penghargaan/status
5. Aktualisasi diri.

Catatan penting dalam teori ini :
a)asumsi, manusia mempunyai kebutuhan untuk berkembang dan maju,
b)adanya kebutuhan tingkat tinggi, yaitu Penghargaan dan Aktualisasi Diri,
c)kebutuhan yang belum dipenuhi sama sekali dapat menimbulkan kesulitan bagi manajer, berupa frustasi, konflik, dan tekanan intern.
Termasuk pendekatan kepuasan : Frederick Herzberg, teori dua-faktor : 2 faktor yang membuat orang puas/tidak puas :
§ factor Hygiene (kesehatan) = mempertahankan semangat kerja, bila faktor ini dipenuhi netral saja, tetapi bila tidak dipenuhi timbul ketidakpuasan, misalnya = gaji
§ factor Motivator (motif) = penghargaan dan aktualisasi wewenang, pengakuan, dsb. Bila dipenuhi timbul kepuasan, tak dipenuhi = netral saja, dengan terminology berorientasi kepada pekerjaan. Dua kontinum untuk dapat menafsirkan kepuasan kerja secara tepat, yaitu bila suatu kondisi kerja menyebabkan kepuasan kerja maka bila kondisi kerja itu tidak ada akan menimbulkan ketidakpuasan dan sebaliknya.
David Mc Clelland, teori motivasi atau Teori Kebutuhan yang dipelajari : kebanyakan kebutuhan manusia diperoleh dari adanya kebudayaan, yaitu :
(1)kebutuhan berprestasi (need for achievement – N-Ach)
(2)kebutuhan afiliasi (need for affiliation – N-Aff)
(3)kebutuhan kekuasaan (need for power – N-Pow).
Hampir mirip Maslow, kebutuhan yang mendesak memotivasi orang tsb memenuhi. Bedanya : ada analisa kebutuhan dapat dipelajari oleh seseorang. Kebudayaan bangsa yang ekonominya lemah dapat ditingkatkan secara cepat dengan merangsang rakyat mempunyai N-Ach tinggi. Bukti-buktinya sbb : mereka yang mempunyai N-Ach tinggi : (1)lebih senang menetapkan sendiri tujuan hasil karyanya, (2)menghindari hasil karya yang mudah dan sukar lebih senang kepada tujuan yang sebatas kemampuannya, (3)menyenangi umpan balik yang cepat tampak dan efisien tentang hasil karyanya, (4)senang bertanggung jawab pada pemecahan masalah. N-aff = ada 2, Approach (ingin pendekatan) dan Avondance (takut sendiri). N-pow = ada 2, Sosial (ingin mengurus tujuan kelompok) dan Personal (ingin menaklukan lawan).
3. Pendekatan Psikoanalitik
Pendekatan ini menunjukkan bahwa perilaku manusia dikuasai kepribadian dan personalianya.
a. Einstein : mengapa dasar pembawaan halus dan gerak hati manusia dapat menimbulkan perilaku agresif? karena keterbatasan pengendalian dirinya?
b. Sigmund Freud (pelopor psiko-analis) : menjawab surat Einstein : manusia mempunyai naluri/instict yang mudah menyulut semangat berperang, naluri untuk menghancurkan, ada 2 pendorong kehidupan manusia : (1)Eros = naluri untuk hidup, kecenderungan untuk bersatu, penjagaan diri, seks, dan cinta. (2)Thanatos = harapan kematian yang menghimpun manusia ke arah kehancuran. Ada mekanisme pertahanan untuk menyesuaikan keinginan sebagai kenyataan eksternal dan nilai-nilai internal (kesadaran). 3 unsur yang menimbulkan konflik (a)id (das-es) : mendasarkan pada kesenangan, tidak rasional, impulsive, condong pada apa yang dirasa baik, (b)ego (das-ich) : logika, yang mungkin/tak mungkin, patut/tidak, jalan tengah, (c)superego (das-uberich) : alam ketidaksadaran manusia, hati nurani, moral, nilai-nilai individu, condong pada yang dirasa benar.
c. Gibson dkk : sikap adalah kesiap-siagaan mental yang diorganisasi dengan pengalaman, tanggapan orang lain, objek dan lain-lain yang bersifat tetap dan berubah, tergantung tingkat pemahaman terhadap lingkungan. Sikap menentukan perilaku sebab sikap berhubungan dengan persepsi, kepribadian, belajar, dan motivasi. Kepribadian dipengaruhi faktor budaya dan sosial; (1)kepribadian adalah keseluruhan yang terorganisasi bila tidak maka individu tidak mempunyai arti, (2)pola-pola kepribadian dapat diamati dan diukur, (3)kepribadian memiliki dasar biologis yang berkembang dan berubah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya, (4)kepribadian punya segi-segi yang dangkal (ingin menguasai) dan inti yang lebih dalam (sentimen, perasaan wewenang), (5)kepribadian mencakup ciri yang umum dan khas, tiap orang berbeda tapi ada hal-hal yang sama.
d. Porter / Samovar : isi dan pengembangan sikap dipengaruhi kepercayaan & nilai-nilai yang dianut.
e. Solomon E Asch : semua sikap bersumber pada organisasi kognitif, yaitu informasi dan pengetahuan yang dimiliki seseorang. Sikap pada seseorang/sesuatu tergantung "citra" kita pada itu. Citra diperoleh dari sumber-sumber informasi.
f. Leon Festinger : Disonansi Kognitif : suatu keadaan bila terjadi ketidaksesuaian antara komponen kognitif dan komponen perilaku, yaitu suatu bentuk yang tidak konsisten dan tidak disenangi sehingga orang itu mengurangi disonansi untuk mengembalikan ke keadaan semula. Kesenjangan antara sikap dan perilaku adalah karena tidak ada konsistensi antara sikap yang tersembunyi dan perilaku yang terbuka.
g. Russel G Geen (1976) ingin menjawab, bagaimana orang bereaksi terhadap tekanan hidup, mengatasi, dan apa yang terjadi bila penyelesaian itu tidak efektif. Kepribadian adalah seperangkat perilaku yang membentuk karakter respon seseorang terhadap situasi dan waktu tertentu.
h. Salvatore R Maddi (1980) : Kepribadian adalah ciri yang relatif mantap, kecenderungan dan perangai yang dibentuk dari faktor keturunan, lingkungan, sos-bud. Kekuatan-kekuatan yang membentuk kepribadian :
1.keturunan
2.kebudayaan
3.hubungan keluarga
4.kelas sosial, kelompok dll.
Tiga pendekatan Teori Kepribadian :
a) Pendekatan Ciri (Traits)
Gordon Allport (1966), ciri (traits) adalah kecenderungan yang dapat diduga, mengarahkan perilaku individu pada konsistensi dan khas, sifat menetap dengan jangkauan umum dan luas, bagian yang membentuk kepribadian, petunjuk jalan tindakan, dan sumber keunikan. 3 asumsi ciri : (1)membuat berbagai stimulus (S) berfungsi sama, (2)penyebab perilaku dan alat menjelaskan/mengurai perilaku, (3)pembentukan ciri terpisah secara kultural
b) Pendekatan Psikodinamik
yaitu teori Sigmund Freud tentang id, ego, dan superego. Kepribadian dibentuk dari pengalaman ketika kecil, proses mental sehingga 3 unsur itu menyusun. Konflik membentuk 3 unsur itu maka konflik membentuk kepribadian.
c) Pendekatan Humanistik
Carl Rogers (1977) : harus mendengar apa yang dikatakan orang lain mengenai diri kita, mempersepsikan dunia dan kekuatan yang mempengaruhi, kemudian mengaktualisasi diri sebagai usaha terus-menerus mewujudkan potensi dengan cara berpusat pada masalah, kreatif, demokratis, mengadakan hubungan pribadi, dan menerima orang lain apa adanya. Kelemahannya : condong ke individualis.

4. Pendekatan Mengenai fungsi Organisasi.

Pendekatan organisasi :
Keyakinan bahwa keefektifan organisasi tidak dapat dirumuskan karena ada perbedaan pandangan, oleh karena itu, maka pemahamannya melalui suatu pendekatan yang sering diungkapkan dengan apa yang disebut :

1) Pendekatan pencapaian tujuan, menyatakan bahwa keefektifan sebuah organisasi harus dinilai dengan pencapaian tujuan ketimbang caranya.
2) Pendekatan sistim, bahwa organisasi terdiri sub bagian yang saling berhubungan, oleh karena itu dinilai berdasarkan kemampuannya untuk dan mempertahankan stabilitas dan keseimbangan.
3) Pendekatan stakeholders, dikatakan efektif apabila dapat memenuhi bagi pemilik adalah laba atau investasi, pertumbuhan penghasilan ; pegawai adalah kompensasi, tnjangan tambahan, kepuasaan pada kondisi kerja ; pelanggan adalah kepuasan terhadap harga, kualitas, pelayanan ; kreditur adalah kemampuan untuk membayar hutang.
4) Pendekatan nilai-nilai bersaing, bertitik tolak dengan assumsi terdapat apa yang disebut dengan fleksibilitas (mampu menyesuaikan diri dengan perubahan ; perolehan sumber (mampu meningkatkan dukungan dari luar dan memperluas jumlah tenaga kerja) ; perencanaan (tujuan jelas dan dipahami dengan benar) ; produktifitas (volume keluaran tinggi, rasio keluaran terhadap masukan tinggi) ; Ketersediaan informasi (saluran komunikasi membantu pemberian informasi kepada orang mengenai hal-hal yang mempengaruhi pekerjaan mereka) ; stabilitas (perasaan tenteram, kontinuitas, kegiatan berfungsi secara lancar) ; Tempat kerja yang kondusif (pegawai mempercayai, menghormati serta bekerja sama dengan yang lain) ; tenaga kerja terampil (pegawai memperoleh pelatihan, mempunyai keterampilan dan berkapasitas untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik)







2. Perilaku Individu dan Pengaruhnya terhadap organisasi

1. Variabel” yang mempengaruhi perilaku invividu

Variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku individu yaitu :
1. Variabel-variabel dependen : Faktor-faktor kunci yang ingi dijelaskanatau diperkirakan dan yang terpengaruh oleh faktor lain ( dipengaruhi variabel bebas ). Macam-macam variabel tersebut adalah : Produktivitas ( ukuran kinerja yang mempengaruhi keefektifan dan efisiensi ), Keabsenan/kemangkiran ( gagal atau tidak melapor untuk bekerja ), Pengunduran diri (penarikan diri secara sukarela atau tidak suka rela dari suatu organisasi ), Kepuasan kerja ( sikap umum terhadap pekerjaan seseorang ).

2. Variabel-variabel independen : yang memusatkan perhatian pada variabel-variabel level individu yaitu : Usia, status perkawinan, jenis kelamin, masa kerja, variabel-variabel level kelompok, variabel-variabel level sistem organisasi.

2. Teori dan Prisip Motivasi.

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan.Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.

Macam-macam uraian motif yang ada pada manusia yang menjadi faktor pendorong dari perilaku manusia yaitu :
1. Motif kekuasaan yaitu kebutuhan manusia untuk memanipulasi manusia-manusia lainnya melalui keunggulan-keunggulan yang dimilkinya.
2. Motif berprestasi yaitu keinginan atau kehendak untuk menyelesaikan tugas secara sempurna atau sukses didalam suatu persaingan.
3. Motif untuk bergabung yaitu kebutuhan untuk berada bersama orang lain.
4. Motif keamanan yaitu kebutuhan untuk melindungi diri dari hambatan dan gangguan yang akan mengancam keberadaannya.
5. Motif status yaitu kebutuhan manusia untuk mencapai atau menduduki tingakatan tertentu didalam sebuah kelompok, organisasi atau masyarakat.


3. Penerapan Motivasi dalam Organisasi

Motivasi merupakan kegiatan yang mengakibatkan, menyalurkan dan memelihara perilaku manusia., dan merupakan suatu proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan sesuatu yang kita inginkan. Seorang karyawan mungkin menjalankan pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan baik, mungkin pula tidak. Maka dari itu hal tersebut merupakan salah satu tugas dari seorang pimpinan untuk bisa memberikan motivasi (dorongan kepada bawahannya agar bisa bekerja sesuai dengan arahan yang diberikan. Dengan adanya motivasi yang tinggi pada karyawan (anggota organisasi) maka jalan untuk mencapai tujuan organisasi akan semakin terbuka dengan usaha dan kerja keras.

4. Tekanan (Stress) individu.

Tekanan ( stress ) individu adalah tekanan atau ketegangan yang dihadapi seseorang sehingga mempengaruhi emosi, pikiran, serta kondisi keseluruhan dari orang tersebut.

Faktor pemicu stress ( stressor ) di bagi menjadi 2 macam yaitu :

1. Stressor on the job ( dari dalam lingkungan pekerjaan ): beban kerja berlebih, frustasi dan desakan waktu ( deadline ).
2. Stressor off the job ( dari luar lingkungan pekerjaan ): krisis keuangan, permasalahan anak dan permasalhan rumah tangga.

Sasaran Belajar :
1. Mahasiswa mampu menjelaskan variable apa saja yang mempengaruhi perilaku individu.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan prinsip motivasi.
3. Mahaiswa mampu menjelaskan faktor yang mempengaruhi stress, dan pemecahan masalah.





3. Perilaku Kelompok dan Interpersonal.


• pengertian kelompok adalah dua individu atau lebih yang saling berinteraksi, saling bergantung dan saling bergabung untuk mencapai tujuan tertentu.

Macam-macam jenis kelompok yaitu :
1. Kelompok formal ( terstruktur )
2. Kelompok informal ( tidak terstuktur )
3. Kelompok komando ( manajer dn semua bawahannya )
4. Kelompok tugas ( mengerjakan tugas bersama-sama)
5. Kelompok kepentingan ( mencapai tujuan khusus )
6. Kelompok persahabatan ( persekutuan sosial dalam situasi pekerjaan ).

• Teori-teori pembentukan kelompok ada empat yaitu :

1. Teori kedekatan
2. Teori interaksi
3. Teori keseimbangan
4. Teori pertukaran.

• Alasan-alasan seseorang ingin bergabung kedalam kelompok yaitu :
1. Faktor keamanan
2. Faktor harga diri
3. Faktor status
4. Faktor afiliasi
5. Faktor kekuasaan
6. Faktor pencapaian sasaran.

• Tahap-tahap perkembangan kelompok yaitu :

1. Pembentukkan
2. Keributan
3. Penormaan
4. Pelaksanaan
5. Peristirahatan.

• Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secar tatap muka yang memungkinkan setiap peserta menangkap reaksi orang lain secara langsung baik verbal maupun non verbal.

• Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang hanya melibatkan dua orang, seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat, dan gurid-murid.

• Fungsi komunikasi interpersonal sebagai berikut :
1. mendapatkan respon
2. Antisipasi setelah evaluasi respon
3. Melakukan kontrol terhadap lingkungan.

• Masalah-masalah dalam komunikasi interpersonal adalah :
1. Komunikator
2. Media
3. Komunikate.

• Tujuan komunikasi interpersonal sebagai berikut :

1. Menemukan diri sendiri
2. menemukan dunia luar
3. Membentuk dan menjaga hubungan penuh arti
4. Berubah sikap dan timgkah laku
5. Untuk bermain dan kesenangan.



Daftar Pustka

• http://revrev-evomon.blogspot.com/2010/10/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode.html
• herwanparwiyanto.staff.uns.ac.id/files/2009/04/herwandefinisi.doc
• http://sites.google.com/site/kuliahperilakuorganisasi/
• http://hilaliyah.wordpress.com/2010/11/28/keefektifan-dan-pendekatan/
• http://www.anneahira.com/artikel-umum/perilaku-organisasi.htm
• http://viandraa.blogspot.com/2011/03/bab-2-perilaku-individu-dan-pengaruhnya.html
• lista.staff.gunadarma.ac.id/.../Perilaku+Kelompok+dan+Interpersonal....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar