Senin, 01 Oktober 2012

BAHASA MENJADI IDENTITAS SUATU BANGSA



http://warganegarayangbaik.files.wordpress.com/2011/11/demorkasi-1.jpg 
Bahasa adalah alat yang penting dalam kehidupan umat manusia, karena bahasa merupakan alat komunikasi untuk berinteraksi satu sama lain. Bahasa di negara Indonesia sangat beragam dan bermacam macam karena Indonesia adalah negara yang terdapat banyak suku-suku atau ras ras yang memiliki bermacam macam bahasa atau logat logat yang berbeda, contoh seperti : sunda, batak, betawi, madura dll. Namun meskipun Indonesia memiliki beragam bahasa dan kebudayaan mereka tetap menghormati semua kebudayaan yang ada di Indonesia. Bagi sebuah bangsa terutama Indonesia yang merupakan negara majemuk dengan multisuku, ras, agama, dan bahasa daerah yang beragam, maka bahasa merupakan sebuah alat pemersatu bangsa terutama bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu atribut yang menjaga identitas bangsa Indonesia mesti dijaga, dipelihara serta dirawat bukan hanya oleh pihak berwenang tetapi juga oleh semua kita. Sebagaimana sifat atribut, maka Bahasa Indonesia memberikan suatu komponen yang lebih lengkap terhadap ke-Indonesia-an kita. Jika orisinalitas Bahasa Indonesia kurang terjaga maka suatu saat bangsa Indonesia mengalami suatu krisis identitas dikarenan lunturnya penggunaan atribut satu persatu yang menandakan lunturnya identitas kebangsaan kita.

Kini banyaknya bermunculan bahasa bahasa baru yang tidak sesuai EYD atau KBBI yang biasa disebut bahasa nonformal, gaul atau alay yang terpengaruh oleh modernisasi atau perubahan gaya hidup yang sangat terlihat daripada saat dahulu saat bahasa Indonesia yang masih digunakan secara formal dan sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar