Selasa, 29 Mei 2012

Dasar Dasar Manipulasi Text Pada MS.Word


Pendahuluan


Manipulasi Teks adalah suatu fitur yang mempermudah pengguna untuk mengedit tulisannya, kemudahan ini di berikan oleh Micrsoft. Fitur ini dapat mengedit tulisan seperti :       
         Menentukan ukuran huruf.
         Menentukan apakah huruf harus tebal, miring atau underline.
         Menetukan huruf yang beragam jenis bentuk.
         Menentukan ukuran kertas.
         Merapikan tulisan menjadi rata tengah, kiri atau kanan.
         Dan lain lain yang akan di jelaskan setelah ini.
                               




Manipulasi Teks


Format Karakter (Font)


Karakter (Font) mempunyai bentuk dan ukuran, terdiri dari tulisan, angka
dan karakter khusus. Toolbar Formatting menyediakan cara cepat untuk
mengubah font, font size dan font style.
Menentukan font atau atau jenis huruf dapat dilakukan sebelum atau sesudah teks ketik.
Jika teks belum diketik maka Anda tinggal menentukan font tersebut sebagaimana yang akan
dijelaskan, jika sudah maka Anda bisa mengeblok teks yang akan ditentukan jenis font-nya
tersebut. 

Cara :
1.  Blok teks yang akan diformat.
2.  Pilih menu Format pada menu bar, pilih Font.
3.  Klik pada tab Font untuk memilih pilihan yang diinginkan
Dialog Character
 


1.      Dari kotak dialog Character yang dapat ditampilkan dengan cara sebagaimana yang
dijelaskan di atas, aktiflah pada tab Font.
2.      Tentukan nama font pada bagian berlabel  Font dengan memilih nama font yang
disediakan yang terletak di bawah lebel tersebut. Geser scroll bar ke atas dan ke
bawah untuk melihat jenis font yang lain dalam daftar.
3.      Typeface; digunakan untuk menentukan apakah teks akan dicetak biasa saja
(Regular), miring (Italic), tebal (Bold), atau tebal sekaligus miring (Bold Italic).
4.      Pilih ukuran font pada kotak  Size. Pada kotak ini Anda juga bisa langsung
mengetikkan angka untuk ukuran font tersebut jika ukuran yang Anda inginkan tidak
disediakan.
5.      Font color; digunakan untuk menentukan warna yang akan diterapkan pada font.
6.      Language; digunakan untuk memilih bahasa yang dipergunakan  untuk memeriksa
ejaan. Untuk sementara biarkan pada pilihan semula, mengenai ejaan akan dibahas
lebih lanjut pada bab Memeriksa Ejaan Dokumen.
7.      Lihat efek pemformatan yang Anda berikan pada kotak preview yang terletak pada
bagian bawah kotak dialog ini.
Selain menentukan pemformatan font sebagaimana yang diterangkan di atas, pada
beberapa pilihan dapat juga dilakukan dengan hanya memilih icon menu yang disediakan di
toolbar.


 
Penjelasan dan fungsi :
1.      Font untuk menentukan jenis huruf atau font yang akan digunakan.
2.      Font size untuk menentukan ukuran huruf.
3.      Bold untuk membuat huruf dicetak tebal. Contoh: tebal
4.      Italic untuk membuat huruf dicetak miring. Contoh: miring
5.      Underline untuk membuat huruf yang bergaris bawah. Contoh: garis bawah
6.      Subscript digunakan untuk menurunkan posisi dan memperkecil ukuran terhadap posisi dan ukuran teks normal, misalnya angka 2 pada H2O.
7.      Superscript digunakan untuk menaikkan posisi dan memperkecil ukuran terhadap posisi dan ukuran teks normal, misalnya, angka 2 pada x2


Menggunakan Formatting Toolbar :


Berikut adalah icon-icon yang muncul pada tampilan bar pada windows 7 :

.

1.      Strikethrough berfungsi untuk menggaris tulisan seperti dicoret.
2.      Subscript berfungsi untuk membuat tulisan kita berada dibawah biasa digunakan untuk matematika.
3.      Superscript berfungsi untuk membuat seperti pangkat.
4.      Change Case berfungsi untuk memformat tulisan pada huruf depannya menjadi besar atau semua tulisa menjadi besar.
5.      Text Hightlight Color berfungsi untuk menandai tanda seperti stabilo.
6.      Font Color berfungsi untuk memberi warna pada huruf.
7.      Grow Font berfungsi untuk menambah ukuran huruf
8.      Shrink Font berfungsi untuk mengurangi ukuran huruf
9.      Clear Formating untuk mendefault tulisan pada setingan awal.

Berikut adalah tombol shortcut pada keyboard :
Ctrl + B = (Bold) Membuat kalimat yang diblok atau terseleksi menjadi tercetak tebal.
Ctrl + I = (italic) Membuat hurup menjadi tercetak miring
Ctrl + U = (Underline) Membuat garis bawah pada kalimat yang diblok


Menyisipkan Karakter Khusus (symbol)


Karakter khusus merupakan karakter-karakter yang tidak disediakan dalam keyboard
seperti karakter-karakter berikut ini:

©®ÂµÑ„∑

∞λαβθ. Kadang, dalam membuat
dokumen kita sering membutuhkan karakter-karakter seperti itu. OpenOffice.org Writer
menyediakan fasilitas yang digunakan untuk menambahkan karakter-karakter tersebut dalam
dokumen yang disebut dengan Special Character.
 Cara :
1.      Letakkan kursor pada tempat di mana karakter khusus tersebut akan disisipkan.
2.      Pilih menu  Insert Special Character…, akan ditampilkan kotak dialog Special
3.      Ubahlah jenis font pada combo box  Font jika karakter yang ingin Anda sisipkan dalam dokumen tidak disediakan pada font yang Anda buka saat ini. Guna mempermudah penelusuran, dalam beberapa jenis  font karakter khusus dikelompokkan dalam beberapa kelompok, pilih combo box Subset untuk memilih kelompok yang ada.
 

1.      Pilih karakter yang ingin Anda sisipkan. Anda dapat melihat bentuk karakter secara jelas pada preview area. 
2.      Karakter-karakter yang Anda pilih akan ditampilkan  pada area  Characters:, klik tombol Delete jika Anda ingin membatalkan pemilihan karakter dan ingin memilih karakter yang lain.
3.      Terakhir, klik tombol  OK untuk menyisipkan karakter-karakter yang telah Anda pilih, atau klik Cancel untuk membatalkan penyisipan dan keluar dari kotak dialog.

Format Kertas Kerja


Pemformatan kertas kerja dilakukan untuk menyesuaikan jenis kertas yang
digunakan untuk mencetak saat nanti diprint.
Juga untuk mengatur posisi print apakah vertikal atau horizontal, serta memberi ukuran pada kertas seperti jenis : A4, A4, Legal dan berbagai ukuran lainnya.
Cara :
1.  Pilih menu File pada menu bar kemudian pilih Page Setup
2.  Klik Tab Paper Size
3.  Pilih Ukuran kertas yang diinginkan
4.  Klik OK 



         Margins : untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas
         Paper Size : untuk menentukan ukuran  kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu  drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
         Orientation : untuk menentukan apakah saat nanti diprint akan portait atau landscape.

Format Paragraf


Perataan Horisontal teks dan paragraph terdiri dari : Kiri, kanan, tengah atau rata kiri kanan.
Cara :
1.  Blok teks atau paragraph yang ingin diratakan
2.  Klik icon perataan yang diperlukan

Left,  Center,  Right, Justify


Fungsi dari Icon tersebut :
         Left berfungsi untuk meratakan tulisan ke kiri halaman.
         center berfungsi untuk meratakan tulisan ke tengah halaman.
         Right berfungsi untuk meratakan tulisan ke kanan halaman.
         Justify berfungsi untuk meratakan kanan dan kiri halaman.

 

 

 




Mengatur Spasi Baris dan Paragraf


Spasi Baris adalah jarak antara baris pada teks dan paragraph teks. Microsoft Word menggunakan 1 spasi sebagai default pengetikan.

 

Macam – macam jarak spasi :


Single : Mengatur jarak 1 spasi
1.5 lines : Mengatur jarak 1.5 spasi
Double : Mengatur jarak 2 spasi
At least : Mengatur jarak spasi minimum untuk ukuran font besar
Exactly : Mengatur jarak spasi tetap.
Multiple : Spasi baris yang dapat diubah dengan ukuran persentase yang ada.

Cara mengatur Spasi Baris dan Paragraf


Cara :
1.      Blok paragraph atau baris yang diformat
2.      Klik menu Format, klik paragraph
3.      Klik indents dan Spacing tab
4.      Dibawah Spacing, pilih sebuah pilihan dikotak line spacing   3
5.      Untuk menambah spasi before dan/atau after setiap paragraph, masukkan spasi yang diinginkan.
6.      Klik OK







Gambar diatas adalah tempat mengatur spasi dan juga paragraf.
 

Format Kolom


Format kolom digunakan untuk pembuatan dokumen yang menggunakan
kolom seperti surat kabar – surat kabar dan majalah – majalah.

Cara :
1.  Klik pada menu Format, klik Columns
2.  Lalu pilih sesuai dengan jumlah kolom yang diinginkan atau format kolom yang diinginkan.
3.  Klik OK











Border dan Shading

         Border berfungsi untuk memberi pigura atau bingkai pada lembar/halaman kerja.
         Klik Format-Borer and Shading, klik Page Border. Klik Options kemudian pilih Measure from: Text (tepat di tepi text) atau Edge of Text (  jauh di luar text).
         Shading  berfungsi  untuk  memberi  latar  pada  lembar  kerja  atau  pada kolom/row yang terdapat pada sebuah tabel (akan dijelaskan pada praktek pembuatan tabel).


Membuat Kolom Koran 

         Blok semua paragraf pertama
         Pilih menubar Format-Columns atau dengan kombinasi tombol ALT-O-C atau dengan mengklik Icon Columns yang ada di toolbar Standard sehingga tampil jendela Columns.

Catatan:
         Presets berfungsi menentukan berapa kolom suatu kalimat itu akan dibuat kolom koran.
         Line Between berfungsi menentukan apakah akan ditampilkan sebuah garis pemisah antar kolom atau tidak. Aktifkan menu tersebut dengan mengklik.
         Width and  Spacing berfungsi  menentukan  lebar  (Width) masing-masing kolom dan jarak antar kolom (Spacing).
         Equal columns width berfungsi menentukan apakah lebar setiap kolom dipukul rata atau disamakan dengan lebar pada kolom pertama atau tidak.
         Apply to berfungsi menentukan apakah pengaturan-pengaturan format kolom  koran yang  telah  diatur tersebut diberlakukan  pada semua halaman atau hanya teks tertentu saja (yang diblok)

Pembuatan List dan Penomoran


List dan Penomoran bisa disebut juga dengan Bullet and Numbering yang berfungsi untuk meberi tanda dengan berbagai simbol atau pemberian nomer pada tulisan anda. Dan memudahkan anda dalam memberi nomor atau simbol sehingga menghemat waktu. Bullets
adalah tanda yang dipakai untuk memberikan gambar atau lambing tertentu pada daftar
tulisan yang terdapat dalam satu alinea (paragraph). Numbering adalah tanda berupa
angka yang diberikan pada daftar tulisan yang terdapat dalam satu alinea. Untuk
mengaktifkan Bullets and Numbering adalah menggunakan menu Format → Bullets and Numbering.

a.      Bullet
Keterangan:
Tabulasi/tab Bulleted terdiri dari 7 pilihan dan 1 pilihan kosong. Cara menggunakannya adalah klik pada salah satu pilihan→ OK.
1) Picture : untuk membuat symbol berupa gambar.
2)Customize : untuk membuat symbol dengan berbagai macam bentuk.
3) Reset : untuk mengembalikan bentuk symbol pada setting semula.
4)
OK : apabila setuju setting.
5)
Cancel : apabila ingin membatalkan setting





b.      Numbering
Keterangan:
Tabulasi/tab Numbered terdiri dari 7 pilihan dan 1
pilihan kosong. Cara menggunakannya adalah
klik pada salah satu pilihan
OK.
1) List Numbering : untuk mengatur nagka pada daftar tulisan.
2) Customize : untuk mengatur setting angka lebih lanjut.
3)
OK : apabila setuju setting.
4)
Cancel : apabila ingin membatalkan setting


Header Dan Footer

Header dan footer adalah teks yang terdapat pada setiap halaman pada dokumen. Header terletak pada bagian atas dokumen, footer terletak pada bagian bawah dokumen. Pada header dan footer dapat diletakkan nomor halaman, judul tulisan, waktu dan tanggal, bahkan gambar.







Gambar di bawah ini menunjukkan fungsi tombol pada toolbar Header/Footer yang ditampilkan dengan mengklik View – Header/Footer



Membuat Header Dan Footer

  1. Klik View-Header and Footer.
  1. Pada jendela Header and Footer terdapat beberapa teks yang dapat disisipkan seperti nomor halaman, jumlah halaman, tanggal dan waktu. Selain itu juga terdapat pengaturan penomoran halaman dan pengaturan halaman (Page Setup).
  2. Tuliskan teks yang diinginkan pada header. Jika ingin membuat footer klik Switch Between Header and Footer.
  3. Format pada header dan footer, dapat diatur pada jendela style and formatting.
  4. Setelah selesai klik Close.

Membuat Header Dan Footer Yang Berbeda Berdasarkan Nomor Halaman

  1. Header dan footer dapat dibuat berbeda misalkan khusus untuk halaman pertama, atau berdasarkan penomoran halaman ganjil dan genap.
  2. Klik File-Page Setup-Layout atau bisa juga dengan mengklik Page Setup-Layout pada jendela Header and Footer.
  3. Klik pada Different First Page jika diinginkan halaman pertama yang dibedakan, atau Different odd and even jika dinginkan perbedaan untuk nomor halaman ganjil dan genap.
  4. Klik OK.



DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar